Celoteh Pedestrian


Aloha….
Seperti dugaan gue pas mulai buat blog. Jarang ngepost. Cerita buat bahan blog pasti ada, tapi ada tapi nya. Yaitu, gue lagi banyak tugas. That’s external factor. Selebihnya, adalah kelazyan yang melanda sebagai internal factor yang bener-bener susah untuk di escape. But I’ve said for many times, “I’LL TRY”. Salah satu faktor yang bikin gue gak produktif nulis blog yang isinya padahal bukan ngebahas sesuatu yang penting adalah gue sedang bener-bener kenyang dengan merangkai kata, though gue nulis blog berdasarkan apa yang gue rasain tapi tetep aja kata-kata harus dirangkai. Sama kaya bikin laporan penelitian pake metode penelitian kualitatif yang dimana itu juga berdasarkan hasil riset and observasi dari apa yang gue rasain. Dan seharusnya kalo pake teori, itu sangat mudah untuk diselesaikan “kata dosen kuh yang emang udah expert masalah kualitatif”. But in the fact ? ~but I won’t give up(lagu Jason Mraz selalu menggema). *colongan curhat again di awal post an. Salah satu alasan lagi adalah gue yang belom bijak gunain social media yang membuat gue ga produktif dan malah konsumtif nontonin video, liat chat and something like that ‘bout kpop and others. Lol. Mianhae.
Cukup Sudah.

Okee gue akan membahas mengenai curhatan again tentang pejalan kaki. And this is what I feel when I am as a pedestrian. This is me. And this related from my characteristic. Okeyy ? *Oke.
Suatu hari gue lagi jalan mau berangkat ngampus, tepatnya lagi jalan mendaki gunung campus. Ada orang manggil gue, “mahar ayo naik”, dia naik motor btw. Yaudah akhirnya gue naik lah lumayan rejeki kan ga boleh di tolak. Udah gitu, sampe deh kita di fakultas.

Turun dari motor tiba-tiba temen gue nanya,
F(riend)           : “Mahar kamu ga cape apa tiap hari berangkat ngampus jalan kaki dari kos an trus nanjak gitu”.
Then I said,
I                       : “Cape ya cape, tapi kan emang jalanan nya gitu mau diapain lagi, then gue juga belom ada motor, so dibawa enak aja, yang jalan juga kan banyak.”
            
 (Trus batin gue secara reflek ngomong dalam hati ‘YOU THINKKKK???’)

Yang nanya kaya gitu sebenernya udah banyak, bukan cuma yang tadi nebengin gue aja, masih banyak temen gue yang nanya pertanyaan yang sama kaya gitu. Trus ada oknum yang nyeletuk “gapapa ya har biar kurus”. Then I gave my (fake) smile to that person. Haha.


Trus juga ya kalo mau balik, kadang gue suka minta nebeng sama temen gue. Respon nya ya pasti iya. Cuma jalan menuju kata “iya” itu kadang-kadang ribet dan banyak cara. Lol. Akan gue sebutkan.
1. Ada yang langsung ngomong iya.
2. Ada yang ngomong, “Enggak ah” tapi abis itu mukanya kaya mesem-mesem gitu trus pada akhirnya bilang “iya”.
3. Ada yang ngomong, “iya” tapi ada oknum juga yang nyeletuk “ga usah ditebengin mahar ben kurus”.

For point 2nd and 3rd, I know that is just a joke. I know and really know. Tapi mungkin emang hati gue aja kali ya yang terlalu lembut kaya pudding. Sampe rada baper gitu. Lol. Tapi mereka tetep temen gue yang baik-baik karena sebenernya mereka itu pasti mau nebengin orang dan gue juga merasa terbantu dengan tebengan itu. Lagipula semua orang punya karakter yang beda-beda, and lambe yang emang kadang susah di control. Gue juga merasakan bagaimana susahnya terkadang mengontrol lambe.

Lanjut ke curhatan yang kedua.

Fasilitas buat pejalan kaki yang emang (kalo gue bilang) ga ada disini. *Emang fasilitas pejalan kaki apa ? Ya emang fasilitas pejalan kaki ya tinggal jalan aja di jalan yang udah ada. Tapi masalahnya tempat kampus gue itu di jalan besar. Jalan yang dilaluin truk-truk gede, mobil-mobil gede, secara deket banget sama jalur pantura guys. And then, kos gue itu ada di seberang kampus gue. Jadi depan kampus itu, ada dua jalan besar dengan arah yang berbeda. Ga ada yang salah sama jalan itu. Yang jadi permasalahan adalah gimana gue nyebrangin itu jalan gede buat ke kampus. Ini yang gue maksud fasilitas. Seharusnya bisa dikasih lampu merah buat pejalan kaki nyebrang DENGAN AMAN tanpa harus ngeliat kanan kiri buat nunggu sepi kendaraan yang lewat. In the fact, susah nunggu itu jalan sepi buat nyebrang!!. (emosi).
Toh penyebrangan itu bukan buat pejalan kaki aja, motor mobil juga nyebrang disitu. Jadi ya bisa dibayangin kalo gue nyebrang, gue harus menyelinap di kerumunan mobil and motor yang mau nyebrang, biar gampang. Tapi itu kalo lagi ada yang mau nyebrang. Lah kalo enggak ?. Ya gue harus menunggu sambil ngopi bareng Raisa buat nyebrang. Lol. Nyebrangin itu juga dua kali deg-degan karena emang ada dua arah. Jadi kalo udah nyebrang yang pertama, gue masih belom tenang karena harus nyebrang yang kedua, abis itu gue tenang. Apalagi kalo arahnya dari kampus buat pulang ke kosan. Sangat tenang untuk tidur rebahan.

Jadi, menurut pengalaman yang gue rasain, ada dua poin kenapa ke pedestrian an gue mudah goyah. I don’t know about you guys.. But this is for me.
1. Pejalan kaki itu kesannya dilihat di mata orang itu kaya menyedihkan gitu.
2. Emang fasilitasnya yang gak mendukung.

Kadang gue benci sama sifat gue yang terlalu ngehirauin alasan yang pertama. Padahal gue jalan juga biasa ajaa. Cuma ya karena ditambah dengan alesan kedua kenapa gue juga goyah buat jalan kaki berangkat ngampus. Dan kadang gue naik ojek online buat ngampus. Walaupun emang deket(kalo naik kendaraan). Kalo jalan ya lumayan.
Gue harap semua paradigma orang about pedestrian bisa berubah dan gue sangat berharap para “pesohor” memperhatikan ini. Dan gue berharap juga kalo udah di perhatiin dan direalisasiin sama “pesohor” jangan dirusak sama kita-kita.

Sekian celoteh pedestrian kali ini.
Maaf ya kalo panjang kali lebar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak Ada Perkenalan

Doubting My Self

Tidak Ada Perkenalan 2