Review Kepanjangan Drama Series "Extracurricular"

Hai, holla.. it’s been a long time πŸ˜„ (REALLY LONG TIME) ini sih.

Blog gue bagaikan kubuka album biru, penuh debu dan usang. *Iya itu sepenggal lagu Bunda.

Okee, jadi situasi sekarang adalah gue lagi di kamar, mengetik blog ini dan dengan backsound kaka gue nyanyi lagu mawar de jongh yang gue gatau judulnya apa, tapi sepenggal lirik lagunya sangat haduduhh banget lah apabanget. *for TMI, kaka w sangat bisa bernyanyi tapi gue sangat tidak bisa mendengarkan suara semacam itu (you know what I mean right ???)

Oke back to the title.

Jadi ini pertama kali gue review film. Why ? karena gue emang jarang nonton film/drama or kind of movies out there. Tapi gue ingin mencoba karena pemainnya ganteng. *hahahah enggak deng. Karena emang film ini adalah film yang menurut gue unexpected alurnya dengan cast yang mukanya masih pada muda-muda. Terlebih lagi ini film jenisnya kaya yang bunuh-bunuhan gitu lo. Ini kedua kalinya gue bisa nonton genre kaya gini setelah Joker. For information aja, karna gue belom terbiasa dengan genre kaya gini jadi pas adegan berantem bunuh-bunuh gitu layar hape nya gue balik. Dan di drama itu banyak banget tuh brantemnya. Jadi yaa gitu.. lol.

Sebenernya ini bukan film tapi apa ya kaya mini drama mungkin ya. Tepatnya di platform Netfl*x. Drama ini sempet heboh banget gitu pas udah perilisan, banyak dari temen gue yang udah nonton plus di sosmed juga banyak diperbincangkan. Main character nya adalah actor rookie yang lagi rise up dari beberapa drama yang dia bintangin. Okee, jadi drama series ini adalah “Extracurricular” kalo dalam korea nya adalah Ingansueop. Yapp that’s the film that I want to review.


Cast drama series ini main characternya dibintangin sama pacar gue*kok halu. Wkwk. Enggak deh. Jadi disini w akan sebutin dulu main cast nya :

  1. Kim Dong-hee as Oh Ji-soo

  2. Park Joo-hyun as Bae Gyuri

  3. Jung Da-bin as Seo Min-hee

  4. Nam Yoon Soo as Kwak Ki-ttae

(masih banyak pemain lain nya, tapi main cast nya itu si yang ada di poster-posternya. Begitu.)

Buat moral valuable dari drama series ini ya menurut gue emang tentang realita kehidupan dan poin penting nya adalah gimana empat orang remaja ini struggling dari pressure yang dia punya. Tekanan yang dihadepin remaja-remaja SMA ini kaya tekanan seorang anak SMA yang pengen hidup “normal” tapi berasal dari keluarga yang broken, miskin, dan dia sebagai anak ga diurus. So dia berjuang buat hidupnya sendiri buat bisa dapetin cita-cita dia hidup “normal”. Meanwhile, tokoh kedua adalah anak orang kaya yang punya perusahaan entertainment dan anaknya dituntut untuk jadi pinterrr dan jadi penerus perusahaan si orang tua but she doesn’t get the happiness in it. Tokoh ketiga adalah cewe yang bucin sama pacarnya yang mana bucin (Budak Cinta) sama tokoh ke empat, nah si cewe ini pokonya nurutin apa aja yang cowonya mau dalam hal materi. Nah, semua masalah yang mereka hadepin ini bakal bermuara di satu main problem yaitu terkait prostitusi. Dari prostitusi ini semua tokoh dapet benefit nya yaitu uang. Kalo kita tonton dramanya, banyak banget scene tentang uang. Tapi main point yang mau ditunjukkin jelas bukan uang. Tapi problem remaja-remaja ini ngadepin tekanan-tekanan yang mereka punya dan akhirnya mereka malah terjerumus ke dalam prostitusi online ini.


MULAI CERITA GUYS..

Cerita berawal dari pemeran utama Oh Ji-soo yang punya mimpi bisa hidup layaknya orang seperti biasa. Kehidupan normal orang-orang. Kehidupan yang kaya gimana ? kehidupan yang abis lulus SMA bisa lanjut kuliah terus bisa dapetin kerjaan. Like a normal life. But, meanwhile dia dari keluarga yang gak sempurna, dia hidup sendiri, dia tinggal di apartemen *mungkin ya) biaya sekolah sendiri, biaya apartemen juga sendiri. Semua serba dirinya sendiri yang ngebiayain. Sebenernya, karakter dia ini two faced gitu. Kalem, pinter, pendiem, orang yang terencana banget, pokonya kaya nerd people gitu. Tapi disisi lain dia bakal berubah pas lagi peranin dia saat “kerja”. Nah pertanyaan nya adalah darimana dia dapetin duit segitu banyak buat menuhin kebutuhan hidupnya trus juga buat tabungan buat mimpinya dia biar bisa lanjutin kuliah. So, this is the main problem. “Kerja” yang dimaksud adalah Oh Ji-soo ini dapetin uang dari aplikasi yang prostitusi online gitu. Tapi dia bilang yang dia lakuin di app itu bukan prostitusi online tapi  dalihnya adalah jasa pengamanan. Dalih kaya gitu karena emang mitra Oh-Jisoo ini kaya semacam bodyguard dari pekerja seks ini. Nah bodyguard (Lee Wang Chul) ini selalu komunikasi sama Jisoo buat minta jawaban apa yang harus dia lakuin, pokonya taktik strategi nya ada di Jisoo (paman) ini, jadi si bodyguard tinggal lakuin apa yang disuruh “paman”. Singkat cerita pokonya si Jisoo dapet duit dari kegiatan itu. Duit yang udah kekumpul juga udah banyak banget sampe dia bisa biayain kehidupan dia plus bisa ikut les yang biayanya juga mahal.

Apa yang dilakuin Jisoo berjalan lancar tadinya, sebelum dia ketemu sama temen satu klubnya di sekolah. Jisoo diajak gurunya untuk bisa menjadi bagian dari klub masalah sosial bareng Bae Gyuri yang udah jadi anggota klub itu sebelumnya. Ketemu lah mereka di klub itu. Diawal-awal Jisoo keliatan suka sama Bae Gyuri karena dia anaknya humble, pinterrrr, famous trus dari keluarga yang sukses. Tapi, Bae Gyuri inilah yang membuat Jisoo jadi diambang masalah. Mulai dari handphone “kerja” nya ilang. Dan ternyata hapenya ada di Bae Gyuri. Kalo gue pikir Bae Gyuri ini anaknya kepo banget si emang. Karna basic nya anak sosial ya. Sebelumnya Bae Gyuri juga udah curiga sama Jisoo pas ditanya tentang kerjaan si Jisoo bisa biayain dirinya sendiri. Dikotak-katiklah itu hape sama bae Gyuri. Karena emang bocahnya kepo, dia kepoin juga app yang jadi ladang kerja nya si Jisoo, sampe dia telusurin ke mitra-mitra nya. Singkat cerita pokonya Bae Gyuri tau kalo ada Lee Wangchul sebagai bodyguard di app itu dan pekerja seks yang salah satunya temen dia sendiri Seo Min-Hee. Lanjut ke kepoannya, dia sampe kerumah Jisoo buat nelurusin duit yang disimpen Jisoo dari hasil “kerja” nya. Ketemu lah duitnya ada di koper nya Jisoo di satu ruang. Ga lama, ayahnya Jisoo dateng (ayahnya sebenernya udah ga ngurusin Jisoo tapi dia nemuin Jisoo karna ada maksud bua ngambil duit dari ibunya Jisoo yang ada di Jisoo deh kalogasalah). Ngumpetlah si Gyuri, ga lama bapaknya Jisoo nemuin uang nya Jisoo di kopernya. Langsung dah dibawa kabur tuh duit sama bapaknya. Dikejar sama Gyuri ga ketangkep. Singkat cerita Gyuri ketemu Jisoo di jalan dan Jisoo liat bapaknya juga bawa kabur duitnya. Kesel and pasrah gitu lah si Jisoo. Nahh, itu adalah awalan si Bae Gyuri sama Jisoo jadi makin deket. Si Bae Gyuri jadi ngerasa ga enak kan gara2 dia duitnya dibawa kabur bokapnya. Disini Jisoo juga udah tau hapenya ada di Bae Gyuri dan Jisoo tau kalo Bae Gyuri udah tau tentang “kerja” an nya.

Waitttt ini gue review kebanyakan ga siii ???? Yaudah lanjutin aja ya. Tanggung.

Pokonya Jisoo sama Gyuri jadi deket kan, tapi Jisoo kesel sama si Gyuri tapi yaudah gitu. Pokonya setelahnya, mereka berdua nyari rumah ayahnya dan ternyata uangnya udah raippp. Terus Bae Gyuri ngasih uang ke Jisoo tapi ga di ambil, trus Jisoo coba kerja paruh waktu tapi hasilnya ga nyukupin buat kehidupannya. Nahh, si Gyuri juga pengen banget ikut kerja bareng Jisoo. Iya ikut kerja online prostitusinya. Katanya dia juga pengen dapet duit. Gyuri juga nawarin temen-temen cowonya yang bisa direkrut buat ikut kerja jadi mitranya Jisoo. Tapi Jisoo gak mau. Disini si Jisoo udah stress gitu lah ya duitnya ilang, padahal itu duit buat biaya kehidupannya dia buat sekolah, kuliah, les, gaji mitranya dll lah pokonya. Secara dia bener-bener ngebiayain hidup sendiri.

Seo Minhee temen kelasnya Jisoo sama Gyuri adalah salah satu pekerja di layanan app nya Jisoo. Dia kerja gitu buat menuhin apa yang dibutuhin pacarnya. *emang ga modal ni cowo. Dia selalu beliin hadiah buat pacarnya barang-barang mewah, beliin rokok sama uang jajan nya gitu lah. Suatu hari Minhee butuh uang banget buat beliin hadiah buat pacarnya. Trus dia maksain “kerja” padahal waktu itu layanan nya si Jisoo lagi libur dan LeeWangchul mitranya Jisoo juga udah ngasitau Minhee tapi dia kekeh. Kerja lah dia, ternyata dia di jebak sama pelanggannya. Singkat cerita karena emang layanan nya Jisoo lagi libur jadi si Lee Wangchul as a bodyguard juga gabisa dihubungin kan. Si pelanggan nya Minhee punya dendam kesumat sama “paman” dan Wangchul. Nah si pelanggan nelpon Jisoo kalo si Minhee lagi dia sekep. Jisoo panik trus ternyata dia nelpon polisi buat ke TKP buat nyelametin Minhee. *gue juga ga abis pikir dia telpon polisi. Wkwkw. Kepepet kali. Tapi ternyata mereka semua gaketahuan sama polisi. Tapi salah satu polisi yang meriksa masih ganjel gituu trus liat CCTV trus ada Minhee kan tapi dia pake wig gitu pokonya nyamar. Tapi tas sama gantungan tas nya yang biasa dia pake sekolah. Singkat cerita pokonya itu polisi masih nyelidikin terusss.. sampe ke sekolahnya Minhee. Minhee dicurigain terus kan sama polisinya.

                           (itu di tengah Jisoo yang posisinya udah di gergaji sedikit tangannya)

Nah setelah itu, ceritanya bakal lebih banyak berantem-berantemnya gitu. Jisoo sama Gyuri panik polisi udah sampe sekolah. Takut mereka ketahuan. Tapi Jisoo bilang ke Minhee buat jangan bilang. Problem baru lagi adalah ada temennya Gyuri dari pencarian idol agensi ibunya, lagi terpuruk trus di tawarin buat kerja di layanan app nya Jisoo sam Gyuri. Nah, orang ini yang jadi titik awal Jisoo ketemu gangster yang biasa bunuh orang. Si ketua gangster ini lagi berantem sama istrinya trus liat hape istrinya trus liat ada chat dari app nya Jisoo. Dia telusurinlah itu. Awal mula bisa ketemu si idol yang kerja di app nya Jisoo si ketua gangster nya jadi pelanggannya gitu, trus ketemu kan, trus dia diancem mau dibunuh dan ngaku kalo yang di chat itu bukan dia. Terus dia akhirnya ngasitau si gangster kalo atasannya dia Lee Wangchul. Trus akhirnya Lee Wangchul mau dibunuh. Ini posisinya Lee Wangchul lagi sama Jisoo sama Minhee. Jisoo bantuin Wangchul. Akhirnya Wangchul sama Minhee berhasil lolos dari gangster itu. Tapi Jisoo ketahuan sama si ketua ganster kalo ternyata logo anjing yang sama kaya di chat ponsel istrinya itu hapenya Jisoo. Di tangkeplah Jisoo trus mau dibunuh!! Mau dimutilasi coyyyy!! *serem banget sumpeh gue sampe ngilu. Akhirnya si Jisoo jelasin kronologisnya, kalo dia itu cuma perantara chat nya doang dan itu adalah applikasi layanannya dia. *sejujurnya gua gabegitu paham cara kerja app itu gimana. Si Jisoo jelasin detailnya banget dah cara kerja applikasi itu gimana sampe bisa ngehasilin duit juga. Dia jelasin gitu biar dia ga dibunuh sama gangster. Si gangster tertarik sama kerja nya Jisoo, trus Jisoo jadi tawanan nya mereka. Sebelumnya, Jisoo jelasin “paman” atau ada orang lagi di atasnya, trus dia telpon “paman” yang mana akunnya dipegang sama Gyuri. Jadi Gyuri dianggep as a “paman”. Akhirnya Gyuri sama gangster buat kesepakatan trus Jisoo bisa keluar dari sekapan gangster. Tapi si gangster tetep tau keberadaannya Jisoo.

Polisi juga sering banget ke sekolah mereka, karena kejadian yang berantem sama gangster yang mau bunuh Wangchul itu ternyata Minhee nelpon polisi yang pernah interogasi dia di sekolah. Karena sebelumnya dia dicurigain terlibat prostitusi anak yang ciri identitas nya sama kaya kejadian di hotel pas Seo Minhee kerja tapi layanan app nya si Jisoo lagi libur. Mulai dari situ dia udah dicurigain terus sama polisi nya. Disaat yang sama juga Jisoo sama Gyuri lagi marahan, kayanya Gyuri cemburu sama Jisoo yang respect sama Minhee. Akhirnya Gyuri mau coba nolongin Jisoo sendirian, tapi akhirnya rencananya diketahuin sama Jisoo buat ketemu sama gangster. Akhirnya jadi Jisoo yang nemuin gangsternya trus dia dikasih kaya bingkisan yang isinya uang trus ada chipnya gitu buat ngelacak keberadaannya. Ga lama calon istrinya si ketua gangster itu kaya curiga sama usahanya Jisoo trus akhirnya si ketua gangster nelpon “paman” yang akunnya dipegang Gyuri. Singkatnya, Gyuri ketauan sama si gangster trus dia diculik dimasukkin ke mobil, ternyata si Jisoo juga diculik sama anak buahnya si gangster. Adegan menarik pas istrinya ketua gangster liat rincian uang yang dipake Gyuri sama Jisoo dari hasil kerja app nya itu dipake buat biaya sekolah. Setelahnya, Gyuri sama Jisoo bisa kabur. Si Gyuri nusuk-nusukin si ketua gangster pas ada kesempatan pake pisau, trus  si Jisoo nabrak mobil ketua gangster pake mobil yang nyulik dia. Trus dia berhasil kabur trus pergi ke hotel. Ada adegan sweet disini tapi gajadi gara-gara ada suara sirine mobil eh ternyata sirine ambulans bukan polisi yang bikin mereka khawatir. Besokannya Gyuri ke tempat karaoke punya nya si Gangster buat ngambil hape nya Jisoo yang intinya dia mau ngilangin jejaknya si Jisoo lewat hape itu. Hapenya dituker. Trus eh dia ketauan sama si ketua gangster. Dipukulah si Gyuri. Eh taunya ada gerombolan anak SMA. Ga lain ga bukan itu adalah gerombolannya si pacarnya Seo Minhee, Kittae. Ternyata ini udah direncanain sama Gyuri. Si Kittae ini adalah pacarnya Minhee. Cerita mereka berdua pacaran karena si cowok katanya cuma suka sama uangnya Minhee. Sedangkan Minhee cinta nya beneran ke si Kittae. Singkat cerita si Minhee akhir-akhir ini ga bisa ngasih hadiah-hadiah yang mahal buat Kittae. Trus akhirnya mereka berantem trus Minhee bilang kalo dia nyari uang demi pacarnya itu dari hasil kerja sebagai pekerja seks. Ternyata, si Kittae nelurusin tempat Minhee kerja. Nah sama Gyuri yang lagi pegang akun kerja annya Jisoo nyuruh Kittae ketemuan di Bar/karaoke Banana punya nya si ketua gangster. Pokonya disitu terlibat pekelahian, trus Wangchul juga dateng, Jisoo juga dateng mau nyelametin Gyuri. Abis itu polisi dateng. Wangchul sama ketua gangster meninggal. Selesai udah keterlibatan sama gangster.

But, we almost reach the ending.

Polisi tetep nelusurin terkait prostitusi online itu. Di selidikin dari hape-hape yang disita dari kejadian di tempat karaoke yang punya nya ketua gangster. Pas si polisi lagi mau ke  perjalanan sekolah, salah satu hape sitaan itu bunyi, ternyata itu nyambung sama chip dari bingkisan si ketua gangster yang dikasih Jisoo. Bingkisan yang isinya uang plus ada chip nya itu di taro di sekolah, di ruang klub nya si Jisoo sama Gyuri di bawah sofa. Itu Gyuri yang naro disitu. Trus sebelumnya si Jisoo disuruh liat kesitu sama Gyuri. Jadi tempat dibawah itu adalah tempat buat naro uang hasil kerja dari app nya mereka. Karena Jisoo paranoid kalo uangnya di taro dirumah takut ilang dicuri lagi. Akhirnya itu penyimpanan duit ketauan sama polisi. Guru klub masalah sosial itu dimintain keterangan. Jisoo gamasuk sekolah. Dia stress trus berniat buat pengen ngaku ke polisi aja. Dia telpon Gyuri kaya minta bantuan gitu, tapi malah dia di telpon Minhee ngajak ketemuan, dan ternyata Minhee udah tau kalo si Jisoo adalah “paman”. Karna Jisoo takut Minhee bilang ke polisi dan tanpa sengaja Jisoo dorong Minhee, trus Minhee jatoh dari tangga, berkucuran darah lah dia trus ponselnya Minhee dibawa Jisoo. Abis itu, ternyata si Jisoo berniat pengen kabur dah kayanya bareng Gyuri. Eh si Kittae pacarnya Minhee kerumahnya Jisoo, disitu Kittae nanyain tentang ada hubungan apa si Jisoo sama Minhee, trus dia miscall hapenya Minhee, ketauan dah hapenya ada di Jisoo, mana hapenya Minhee ada darah nya lagi. Jadilah mereka berantem dah. Tusuk-tusukan. *ngilu. Udah pada lemes, si Gyuri dateng buat nyelametin Jisoo dan kabur bareng gitu. Tapi si Jisoo kan posisinya udah ketusuk ya, jadi ribet gitu jalannya soalnya kesakitan. Nah udah, dah si Jisoo nyaranin Gyuri buat pergi sendiri tinggalin dia. Gyuri gamau. Trus polisi yang nyeledikin kasusnya dateng ke apartemennya Jisoo. Nah abis itu gue gatau mereka berdua itu ketauan apa enggak. Kayanya ketauan. Kayanya juga enggak. Nah itu yang bikin ceritanya gantung.

Begituu review ceritanya temen-temen.

Gue tau ini bukan review. Panjang bener soalnyaaa. Lol.

But I’ll try my best.

Hope you guys enjoy, and I recommend you to watch that film. Many things can be learned from it. It related how the big impact of our parents, social, and dealing with problems. And I think, there’s a problem when words can make someone turning into a bad guy. Cause at the case of Gyuri, she has a pressure of her parents who said this, this, and this. And on Jisoo’s case, there a scene that his father say that Jisoo born from the bad guy, and as a son of him, Jisoo’s father said that you gonna turn into a bad guy too.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak Ada Perkenalan

Doubting My Self

Tidak Ada Perkenalan 2