GOOD PEOPLE

Pukul 12.15 siang dan sedang menonton blibli Indonesia Open (Turnamen tahunan Bulutangkis). Sebenernya susah nulis sambil nonton. Apalagi bulutangkis, apalagi yang lagi main Owi/Butet. Jadi bola mata gue naik turun. Entar liat tipi entar liat lepi. Tapi, entah kenapa gue mau nulis sekarang. (Tapi gatau nge post nya kapan). Lol.

Seperti judulnya, kali ini gue bakal cerita tentang gue yang akhir-akhir ini ketemu banyak banget orang baik. Sebenernya orang-orang baik selama hidup gue ini udah banyak juga gue jumpain. Cuma, cerita kali ini hanya akan membahas kebaikan orang-orang pas beberapa hari terakhir gue di Semarang buat balik libur semester.

Kalo ngomongin tentang orang baik, jelas dan pasti masih banyak orang baik di dunia ini. Tapi tentang kata “orang baik” memudar saat kehidupan kampus berlangsung di kehidupan gue. Bukan ilang ya, tapi cuma memudar aja. Atau mungkin gue nya aja ya yang negative thinking. Wahaha I don’t know. Okee, kenapa gue bisa bilang gitu ? Because gue belom in sama kehidupan kampus. Masalah waktu mungkin ya. Dan gue yang harus introspeksi diri juga.
Dengan kehidupan rantau, pasti mau nemuin kebahagian lahir batin di tempat rantauan nya sebagai pengisi kebahagiaan keluarga yang udah gak tinggal bareng lagi selama masa perkuliahan. Tapi in the fact (fakta dari pengalaman gue) ga segampang gitu untuk nemuin orang yang bisa bikin kita nyaman di tempat rantauan. Butuh waktu untuk bisa nemuin orang-orang yang istilahnya setipe atau sepemikiran sama kita. Apalagi dengan perbedaan-perbedaan yang ada. Kalo untuk kasus gue, perbedaan bahasa yang menjadi kendala. Gue yang gak paham bahasa sini, jadi ngebuat temen-temen (kampus) gue (mungkin ya) jadi agak gimana gitu kalo ngobrol. Gue mengerti ini si, yang namanya ngobrol kan antara yang ngomong sama respon harus ngerti. Lah kalo sama gue kan, gue ga ngerti. I really know it and maklum. Tapi yang gak gue suka adalah ketika ketidakmengertian gue ini dijadiin bahan candaan. That's annoyed me so much. But, there are still person who taught me when I didn’t understand what they’re talking about.
Nah, belom lama ini pas beberapa hari sebelum gue balik ke Bekasi, ada beberapa orang yang bener-bener membuat gue sumringah kembali. Betapa baiknya Allah pada umatNya. Karena kebaikan orang-orang ini membuat gue mengembalikan mood gue di tempat rantauan ini dan tetap menaruh banyak harapan terbaik disini. Mungkin akan gue jadiin poin-poin kali yaa…

1. Ibu Warung Makan dan Ibu Warung.
                Warung makan nya biasa disebut bu Rt, ibu warung ini pas pertama liat gue langsung bilang kalo gue mirip mahasiswa lama yang sering beli makan disitu dan udah deket banget sama ibunya. Jadi gue kalo beli makan kesana, kaya berasa deket banget sama ibunya. Kalo gue beli makan, ibunya nanya mau beli apa ndo, cah ayu, trus ditanya pulang nya sore banget ya cah, trus suka di peluk-peluk gitu gue, trus kalo lagi nunggu beli antri makan disuruh duduk dulu. Baik banget lah ibu nya, sampe-sampe apal lauk yang sering gue beli (spicy eggplant a.k.a terong balado). Lol. Trus pas kemaren minal aidzin ga tau kenapa rasanya anget banget. Ya namanya orang tua yak, it’s like mother with her child.
                Nah kalo ibu warung gang ini biasa gue sebut sama temen sekamar gue Ibu Bali, soalnya waktu itu warungnya tutup gara-gara ibunya lagi pergi ke Bali. Ibu ini juga perhatian banget sama gue sama temen kos gue. Waktu mau berangkat ke stasiun malem-malem kita dikasih wejangan dulu sama Bu Bali, she said heart2 (ati-ati) dan kawan-kawan nya. Karena emang udah lumayan larut malem.
                Actually masih banyak kebaikan ibu-ibu ini yang gak mungkin gue ceritain semua.

2. Abang Grab
                Ini bukan ajang promo ya karena gue sebut merek. Tapi pagi itu bener-bener berkah banget buat gue.
                Suatu pagi, tiba-tiba gue pengen ngecek tiket online, karena gatau kenapa gue merasa khawatir kehabisan tiket yang “murah”. Then bener aja, sisa satu seat lagi!!!! Langsung lah gue buru-buru booking. Nah gue bingung dah bayarnya gimana, soalnya cuma dapet jarak waktu bayar tiket nya kalogasalah tiga puluh menit apa sejam gitu dari pemesanan. Tiga puluh menit deh kayanya. Gue diburu waktu, soalnya kosan gue jauh dari indoma*t dan gue masih rada ragu gitu mau bayar. Setelah diskusi batin, akhirnya gue pesen ojol aja, trus bapaknya sampe di gang kosan gue, trus gue naik ojol nya, trus bapaknya nanya, “mba ga ikut nyoblos ?” (karena hari itu hari libur pilkada serentak dan di gang gue tadi ada tps, jadilah mungkin bapak nya nanya gituan). Gue bilang ke kalo gue bukan orang Jawa Tengah jadi ga nyoblos. Trus bapaknya nanya gue dari mana. Gue bilang aja kalo gue dari Jawa Barat dari Bekasi. Eh tak dinyana-nyana ternyata si bapak juga dari Bekasi. Jadilah kita ngomongin Bekasi. Sampe di Indoma*t, kata bapak grab nya dia mau nungguin gue dan nganterin gue balik lagi ke kosan. Gue bilang ke bapaknyanya gak usah nanti ngerepotin, eh kata si bapaknya gapapa. Yaudah gue Alhamdulillah. Dan pas gue mau bayar, kata beliau gak usah kita sama-sama orang Bekasi ini. That’s Indonesian People. Salah satu karakter orang Indonesia, ketika  nyebutin asal daerah, da nasal daerahnya itu sama, kita bisa langsung involve sama orang itu and it feels like we are family. Tapi, emang si bapak juga orang baik. Karena berkat perantara beliau, gue masih dapet tiket kereta, yang waktu pembayarannya tinggal satu menit lagiiiii. Tapi itu tiket masih rejeki gue.

3. Mba di Stasiun
Hari balik tiba, gue antri di tempat buat nuker tiket. Belakang gue ada mba-mba nyapa gue yang ternyata kita satu kereta. Dan ternyata satu gerbong juga. Tapi dia ke Jakarta. Ngobrol-ngobrol lah kita, nanya kuliah dimana, semester berapa, ngekos apa mondok, etc. and ga lupa juga nanya nama satu sama lain. Karena itu sekitar jam dua belasan, gue nanya mba itu lagi solat gak, ternyata dia lagi halangan, tapi mba nya nawarin ke gue nemenin ke mushola. Jelas gue iyain dong. Di mushola gue nitip barang bawaan gue ke dia. Take a long time di mushola. Solat nya ya gak lama, tapi namanya juga cewe, se ga ribet nya  cewe tetep aja ada yang harus diberesin. Belom antri wudhu and antri mukena nya.
Selesai solat gue minta temenin ke alfama*t buat beli makanan, dia juga beli makanan di tempat lain. Jadi kita misah. Dan gue bilang ke si mba nya, “mba nanti kita ketemuan disini lagi ya, biar masuk keretanya bareng.”. si mba pun mengiyakan. And then gue Cuma beli 2 item tapi ngantrinya bejibun siss, gue udah khawatir banget mana udah mepet sama jam keberangkatan keretanya. Trus pas gue liat keluar si mba nya masih nungguin gue di depan. What a really nice girl. Padahal antrinya lama bener. Selesai antri masuklah kita ke pengecekan tiket. Nungguin keretanya dateng sampe kita masuk keretanya juga bareng. Beneran baik banget dah ini si mba.

Pengen cerita dikit, untuk poin 2 and 3, kalo sebenernya gue sempet ada negative thinking sama mereka, but just delete it from your mind. Khawatir boleh tapi jangan terlalu berlebihan. Karena nyatanya mereka baik beneran karena sifatnya. Jadi poin nya, gue dikasih kebahagiaan di lain tempat sama Allah. Juga mindset gue tentang berkurangnya orang baik itu salah besar. Gue yakin ini semacam simbiosis mutualisme. Bokap and nyokap gue sering ngomong kalo sama orang tuh harus baik, senyum ke, apa ke gitu. Kalo bokap gue terinspirasi dari pramuka yaitu 5s “senyum, salam, sapa, sopan, santun”. Then, kebaikan itu bakal balik lagi ke kita. Nah mugkin gue belum involve sama temen kampus berarti ya karena diri gue belom menebar kebaikan ? may be. Wkwk.
Sekian cerita kali ini yang begitu panjang x lebar, yang bahkan mungkin diliat nya aja kek udah pusyank gitu.
Tapi kalo dibaca berarti akan menjadi simbiosis mutualisme gengs nantinya. Wkwk. Thanks a lot.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak Ada Perkenalan

Doubting My Self

Tidak Ada Perkenalan 2