Tentang Sebuah Nama


Hari ini adalah hari minggu. Hari esok adalah hari Senin. Hari pertama kuliah semester ketiga.
Malem ini adalah malem Senin. Malem ini adalah malem Closing Ceremony Asian Games. Malem esok entah apa.
*penulisan blog ini tidak sesuai dengan waktu published.

-----------

Ahh sebenernya emang pengen nulis blog tentang yang akan diceritain ini. Cuman gue mikir kayanya ko lebay banget gitu. Jadi gue urungkan. Tapi berubah pikiran lagi pengen nulis tentang ini, karena gue piker ini kan blog gue as a diary. Jadi tidak ku urungkan lagi untuk nulis tentang ini. Tentang Sebuah Nama.

Setiap pertemuan dengan orang  baru pasti kita bingung mau manggil nya dengan sebutan apa, bisa : mba, mas, bang, de, ka, bu, pak, (tergantung objeknya sesuai sex atau umur atau sesuai media nya, kalo media online biasanya gan, sist, bunda, etc). banyak lah ya sebutannya. Secara kan belum tau nama nya. Nah, abis percakapan kecil, barulah saling nanya, “namanya siapa ?”.  Then jawaban nya paling Cuma nama panggilan bukan nama panjang. Soalnya kepanjangan. *apasiii..

Jadilah nama panggilan gue ini berubah sejak SMP. Yang ngubah panggilan gue ini adalah cikal bakal temen baik gue sampe sekarang dan kedepan nya. Gue lupa alesan dia tiba-tiba manggil gue dengan sebutan yang beda. Btw emang orangnya spontanitas juga si. Tapi gue suka-suka aja dan banyak temen gue yang ngikutin. Atau mungkin sebutan nama “Ayu” itu udah banyak, then she called me “Mahar”. Yap itu nama panggilan gue dari SMP sampe kedepan nya. Tapi kalo dikeluarga mah panggilan w ga berubah. Etapi terserah si mau manggil apa aja. Bebas. Karena bukan masalah namanya yang mau gue angkat.

Nah, dari situ, setiap kenaikan kelas kan kelas nya diacak lagi, otomatis orangnya juga masih ada yang belum kenal. Ini dia sesi perkenalan dimulai setiap hari pertama sekolah, apalagi pelajaran bahasa inggris. Pasti introduce yourself. Mulai dari sini gue bilang kalo ada sesi perkenalan, you can call me “Mahar”. Darisitu juga orang pasti langsung respon (gak semua), “ih mahar kan yang ada di mas kawin, atau maharnya mau berapa mba, mahar kan yang ada di lascar pelangi” secara langsung atau Cuma ketawa atau Cuma ngomongin pelan bareng temen nya atau nanya lagi ke gue untuk memastikan apakah mereka salah denger apa enggak atau ngomong dalem hati dia itu beneran nama apa bukan yak. Jadi mereka nanya lagi untuk mastiin. Sebenernya si biasa aja ya. Tapi kalo digituin tu jadi kaya ngedrop gitu ga si. Kaya mikir aja gitu, apa ada yang salah dari nama gue ??. though it’s just a joke tapi kalo digituin terus rada gimana gitu.  Bosen banget soalnya setiap abis perkenalan diri pasti respon nya begitu. To be honest gue males aja nama gue diketawain gitu walaupun bercanda.

Nah, karena nama panggilan gue ini agak “unik”, ada beberapa pelajaran yang gue tangkep tentang memahami seseorang. Semisal, gue merasa ada beberapa orang yang segen untuk nyapa gue karena dia masih rada aneh gitu buat manggil gue dengan nama panggilan gue. Gatau kenapa gue bisa tau aja si. Yang begini ini kedepannya juga kurang bisa deket sama gue secara pertemanan. Kurang bisa deket itu I mean kayak buat ngobrol-ngobrol, pokonya gak deket lah, cuma temenan biasa. Jelaslah ya, buat manggil nama aja masih kayak gimana gitu, gimana bisa ngobrol-ngobrol. Kalo gue flashback juga, temen deket gue kebanyakan kayanya emang gapernah canggung buat manggil gue. Gak awkward lah gitu. Then dia bener jadi close friends.

Intinya ya, kalo cuma sekedar nama aja ngehalangin untuk bisa ngawalin pertemanan karena canggung buat manggil dengan alesan nama, it’s fools, folks!!. Kalo emang merasa kaya gitu, better you directly call them with your own way, without any reason. Just tell them you just want to do it. Karena gue ngamatin temen gue juga yang kasus nya sama kaya gue, but that’s not nickname but fullname. Nama panjangnya dia itu mirip public figure lah. Kalo lagi di absen itu kadang banyak yang suka ketawa gitu. At the first, gue juga ketawa, trus ngomen namanya atau ngejoke namanya dia dalem hati gitu. Tapi lama-lama it was annoy when they (temen kelas) made it like a live jokes in the class. Kadang gue kalo manggil dia juga canggung karena namanya, trus gue baru sadar kenapa gue kaya begitu. Lebay abis. Like my suggestion, better I call her with my own way but sometimes I keep call her with her real called. 

Call with own way itu juga sumber nya dari nama panjangnya folks, atau apapun itu tapi yang sekiranya sopan, baik, and positif. Bukan sebutan yang beraroma body shaming misalnya (yang sering).  Haduhhhhh!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak Ada Perkenalan

Doubting My Self

Tidak Ada Perkenalan 2