SPSI to be SIP ^jilid 2^


Dulu pas jaman gue itu sistemnya 2 univ 3 pilihan jurusan. Jadi salah satu diantara dua univ itu kita milih dua jurusan. Susah nyari dua jurusan yang gue mau di satu univ. Ada, tapi prospek masuknya kayanya tipis. Pilihan univ gue itu pokonya jakarta, jabar and jateng. Gaboleh selain itu, kejauhan soalnya. UIN Bandung adalah pilihan konkret gue. Karena UIN Jakarta keliatan nya saingan nya banyak. UNJ apalagi. Tadinya mau UNNES, karena dari kelas 2 gue udah srek sama UNNES trus ada temen kaka gue juga. Ada psikologinya juga. Trus mau ke UNSIL juga tapi gaboleh sama bokap. Mau ke UIN SUKAJAGA, dan UIN WALISONGO. Pokonya kampus yg ada Psiko nya. Gue gak mikir mau ke kampus bonafit walaupun semua kampus di daerah jawa itu bonafit. Tapi you know lah, you know what i mean kampus bonafit nya kampus apa tanpa harus gue sebutin satu-satu kampusnya. Kenapa gue ga mau coba peruntungan di kampus-kampus bonafit itu, bcoz yang udah gue bilang sebelumnya, gue sangat berharap di SNMPTN. Sangat berharap bisa dapet PTN lewat jalur ini. That’s why i didn’t pick ‘big and famous univ’, karena gue cari kemungkinan yang peluang keterimanya besar. Tapi gak semua orang berpikiran sama kaya gue. Itu balik lagi ke diri masing-masing. Semua orang punya pemikiran, cara, dan strategi masing-masing. Nah, itu cara gue.

Dari semua pilihan jurusan and univ. Inilah hasil akhir yang jadi pilihan gue.
UIN SUNAN GUNUNG DJATI
PSIKOLOG
UIN SUNAN GUNUNG DJATI
MANAGEMEN
UIN WALISONGO
PSIKOLOG

Tapi tanpa angin, hujan, badai gue langsung ganti pilihan dengan cepetnya. Jadi, pilihan di atas itu bukan pilihan terakhir gue. Wkwk. You tertipu. Inilah hasil akhir gue :
UIN SUNAN GUNUNG DJATI
PSIKOLOG
UIN WALISONGO
PSIKOLOG
UIN WALISONGO
ILMU POLITIK

Can you see my last choice, dud ?????? Ilmu Politik. iya itu. Apa coba. Pernah denger aja kagak. Tau fakultas nya doang FISIP ada Ilmu Politik nya. Gue gatau kalo ada jurusan nya juga. Wkwk. Gak tau kenapa itu malem tiba-tiba gue langsung ganti prodi gitu. Masih inget banget kejadian ini. Sangat inget. Dan terbayang. Sebenernya ga tanpa alasan juga gue ganti prodi and susunan SNMPTN gue. As you know, prodi Managemen pasti peminatnya banyak. Sangat banyak. Akhirnya gue mikir lagi kan, dan gue ganti susunan nya jadi kaya gitu. Karena gue ngotot sama psikologi, jadi gue taro di pertama sama kedua. 

Sebelumnya, gue udah research dikit tentang kampus UIN WALISONGO, kenapa gue milih psikologi di kampus ini. Karena psiko masih prodi baru disini. Jadi gue rasa peluangnya banyak. Kalo psiko di UIN SGJ kan akreditasinya aja udah A kata temen gue. Pasti peluangnya kurang. Nah kenapa Ilmu Politik ? becoz gue banting stir biar bisa masuk PTN. Karena ini prodi baru juga. Gue ga pernah samsek a.k.a sama sekali cari tau tentang ini jurusan. Ga pernah kebayang juga coyyyyy. Waktu itu prodi di FISIP UIN WALISONGO cuma ada Ilmu Politik sama Sosiologi. Gue bingung kalo pilih sosiologi, soalnya waktu belajar sosio di SMA itu enak, cuma rada mumet gitu lo. Kalo ada soal and jawaban pg, itu pasti gue bingung, gara2 menurut gue jawabannya bener semua. Lol. So, i picked Ilmu Politik. Tanpa pake pikir panjang. Enggak pake rembukan dulu sama keluarga, mereka taunya susunan gue yg sebelumnya. Soalnya waktu itu lagi ada om gue kerumah. Jadi gabisa rembukan. Bismillah langsung gue finalisasi. Fiyuhhhhh.

Abis itu gue langsung deg-deg an abis dah. Serius. Ga boong. Suwer. *deg-degan kenapa sist ?. Deg-degan takut keterima di pilihan ketiga gue. Ilmu Politik. wkwk. Panas dingin. Beneran takut banget. Sampe kalo gue solat trus doa, ya Allah berikanlah aku yang terbaik, semoga aku bisa keterima di Psikologi, aku ga mau masuk yang Ilpol nya ya Allah. Aku mau Psikologi. Begitu terus perasaan gue. Reuwas. Khawatir. Worried. Tapi tetap berprasangka baik bisa masuk Psiko.

Itulah perasaan gue selama abis finalisasi and nunggu hasilnya. Absurd. Singkat cerita. Hari pengumuman udah tiba. Itu gue udah nunggu dengan cemas. Grup angkatan rame. Gue langsung buru-buru buka web. Di grup chat udah ada yang bilang alhamdulillah masuk, ada juga yang bilang belum rejeki. Ada juga yang belom bisa buka gara2 server nya down. Panik. Gue lagi mencoba buka laptop. Dan buka web nya, trus masukkin username and password trus gabisa. Panik. Trus akhirnya gue buka di situs bantuan resminya. Gue tulis uname and password again. And then. Then. Then. *Buru dih kasitau. Sabar. Alhamdulillah bisa. Dan gue keterima snmptn. Alhamdulillah. And gue scroll down, gue keterima di UIN WALISONGO dengan jurusan...... Apa hayooo ??. *BURUANN PENASARAN INI!!!. Iyaaa bentar, jangan galak2 napa. Oke. Gue diterima dengan jurusan ILMU POLITIK. Can you imagined it ??. Ya, gue seneng diterima SNMPTN tapi bukan dengan jurusan ini. Pergejolakan batin. Pusing. Dilema. Tuhan tolong aku, ku tak dapat menahan rasa di dadaku. *chibichibi ha hah ha ha haaah. Lol.

            Singkat cerita lagi. Aslinya ga singkat. Gue dikasih pilihan sama ortu gue. They said “Mau de Ayu ambil atau MAU KULIAH DI BHAYANGKARA AMBIL PSIKOLOGI ?”. tawaran menggiurkan ga si ?? psikologi coy!!! Tapi dengan reflek, gue langsung bilang, gak usah pak bu, de Ayu ambil SNMPTN nya aja. Gue teringat akan doa gue setiap abis solat, “berikan aku yang terbaik ya Allah”. Ya mungkin ini yang terbaik dari Allah. Then i took my choice. Ilmu Politik. Bismillah. Semoga ini adalah jalan terbaik darimu Ya Allah. Aku coba untuk lupain Psikologi seiring waktu berjalan. Although it’s so hard. Really hard. But i’m still positive thinking. Done.

            Oke. Now i’m a student in UIN WALISONGO and the faculty is SOCIOLOGI AND POLITICAL SCIENCE and the major is POLITICAL SCIENCE. And now i’m in the second semester.

Kemaren, dosen bahasa Arab gue cerita, “dia belom pernah ikut lomba, trus pas SMA dia pengen bahagian ortu nya. Dia mau ikut lomba, tapi lomba nya lomba lari. Sama ortunya gak boleh. Trus ada lomba speech(kalogasalah) arab trus diseleksi tapi dia gak lolos di tahap kedua. Eh pas kuliah dia punya kesempatan ikut lomba bahasa arab dari tingkat ukm, trus fakultas, trus sampe beliau berangkat buat wakilin univ ke UI. Beliau menang juara ke 3”
Beliau bilang, intinya Allah lebih tahu apa yang terbaik buat umatnya, dan lebih tau waktu yang terbaik buat umatnya. Dan Allah ngasih apa yang dibutuhkan umatnya bukan apa yang di inginkan umatnya.
Deep.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak Ada Perkenalan

Doubting My Self

Tidak Ada Perkenalan 2