SPSI to be SIP


Haloooo berjumpa lagi bersama akuhh.. akuh akuh akuh dan akuhh. Udah lama gak ngepost diary. Pengen nulis tapi gue lagi dikasih asupan nutrisi sama dosen-dosen kuh. Mereka ngasih gue asupan yang sangat bergizi untuk otak. Nama asupan nya adalah makalah. Iyaaaaa makalah. Makalah kelompok. Trus dipresentasiin. Trus tugas individu. Trus ada penelitian. Trus harus survei. Trus tentuin tema penelitian. Abis itu judul. Abis itu sistematika penulisan. Belom lagi embel-embel kerjaan rumah, i mean nyuci, nyuci ini ada cabangnya masing-masing yaitu nyuci piring dan nyuci baju. Baju dan kawan-kawan gabisa sekali treatment, abis dicuci di pergi kaget a.k.a go shocked. Gosok. Trus Piket. Trus.. trus.. aku ingin pindah ke Meikarta. Sudah cukup, itu saja yang ingin aku utarakan. Karena postan kali ini bukan ingin berkisah tentang some tasks gue recently. *Tapi udah lo tulis!!. Terlanjur. Wkwkwk. 

Di post kali ini gue akan membahas yang waktu itu pernah gue singgung sedikit tentang apa itu SPSI dan SIP ??????. Gue nulis singkatan itu tanpa kaidah-kaidahnya yaaa. Biar gampang aja begitu. Padahal mah karna gatau kaidah nulisnya begimana. Mianhae. Actually, gue udah males bahas beginian. Tapi karna gue udah bilang mau buat jadi kubuatlah. Ini bisa buat cerita ade-ade kelas 12 yang sekarang pasti lagi mikirin kuliah, jurusan, kuliah dimana, dan blablabla. Tapi ceritanya bakal kaya rumus luas persegi panjang. Panjang x Lebar. Gue bagi dua part aja ceritanya. Oke kita mulai ceritanya.. 

SPSI itu adalah SARJANA PSIKOLOGI sedangkan SIP adalah SARJANA ILMU POLITIK. Ada apa diantara dua jurusan itu ??. Oke i wanna flashback when i was in Senior High School. Dulu waktu gue SMA gue mau kuliah jurusan Psikolog. Kalo ditanya sama temen mau kuliah jurusan apa pasti jawabnya psikolog, kalo ga alternatif lain nya adalah pendidikan bahasa inggris. But buat opsi yang kedua i’m not sure about it. Inggris gue rendah hati dan apa adanya. Alias inggris2an. Itu pas gue kelas 2. Nah pas kelas 3 ini lebih agak serius2an lagi lah. Mulai banyak pertanyaan, “mau kuliah dimana, jurusan apa, prospek kerjanya apa, emang kamu cita-citanya mau jadi apa, nanti kira-kira kerjanya dimana” sebegitu panjangnya. Dan gue, gue belom tau jawaban nya. Karena itu pertanyaan masa depan yang harus gue pinjem alat doraemon buat liat masa depan gue dan ngasih tau jawaban nya kepada mereka semwahh. Lol. Mungkin maksud pertanyaan nya itu ditambahin kata “rencana”. Ya i get it. Gue tetep mau jurusan Psikolog, gak pindah-pindah. Pernah mikirin jurusan lain tapi ga srek. Tapi gue juga gatau planning gue di psikolog itu nantinya mau ambil konsentrasi apa, trus kira-kira kerjanya mau jadi apa. Gue belom tau. Singkat cerita, gue ketemu instagram wartawati yang ngeliput kegiatan badminton Indonesia, trus dia nulis blog juga. Gue bacalah blog nya. Blog nya seputar bulutangkis dan keseharian nya dia sebagai wartawati bultang. Gue suka, kayanya seru banget gitu bisa deket sama atlit apalagi ada atlit yang gue suka. Liliyana Natsir. Fix gue baca gituan terbawa hati. Senyam senyum sendiri. Karena dia nyeritain dibalik lapangan. Dah gitu. Nah dari situ, karena gue terbawa suasana (i’m badminton addicted) ga banget si, sering ketinggalan info juga. Akhirnya gue kepengen jadi wartawati dah, jadi jurnalis badminton, keknya seru. Tapi gue urungkan niat. Karena satu dan lain hal.  Ehhh abis itu gue dapet ide cemerlang, gue kan bisa kuliah jurusan psikolog trus kerja jadi psikolog atlit. Bener ga siiiii. Pasti kan atlit butuh psikolog, iya gak ?. Tapi gue maunya kerja di PBSI nya. Ya kalo enggak bisa, mau nya di Kemenpora. Aamiin. 

Akhirnya gue menemukan jawaban dari serentet pertanyaan. Gue mau kuliah jurusan Psikolog, mau jadi Psikolog, kerja di PBSI/Kemenpora. Kuliahnya yang penting PTN. Biar murah. Sempet ada pikiran juga, pokonya harus dapet PTN karena gue dari SMA. Soalnya dulu kaka gue dari SMK yang ‘keliatannya’ kurang dilirik PTN. Gak syukaa kaka w digituin. Oke, plan  udah ter plan dengan sempurna. Dan sudah fix se fix2nya. Pokonya Psikologi. Emak bapak juga setuju gue jadi psikolog, karena lahan kerja psikolog juga banyak. Trus sesuai juga sama karakter gue katanya. Temen-temen gue juga setuju. Tapi mereka ga ada yang tau rencana sempurna gue.  Sampelah hari dimana pengumuman SNMPTN gelombang pertama, gue salah satu diantaranya. Alhamdulillah banget Ya Allah bisa masuk. Karena ini juga yang gue harapkan di SMA, bisa masuk SNMPTN. Itu baru tahap penyaringan sekolah. Itu aja udah seneng banget. Soalnya kan itu ibarat awal dari segalanya. Ibarat ya. Karena gue ga mau SBMPTN. Gue ga ikut bimbel. Cuma les MTK sama Ekonomi kadang belajar soal SBMPTN sedikit. Les yang sangat berkesan dengan guru yang mengesankan. Nah, karena itu gue berharap banyak di SNMPTN. Tapi kalo gue ga dapet SNMPTN, ya gue tetep coba SBM tapi jawabnya ya ngasal tapi tetep usaha. Istilahnya nyoba peruntungan lah. Kalo rejeki kan gatau.

Sebegitunya gue dengan Psikologi sampe gue bingung cari alternatif lain. Gue putusin dah alternatif gue adalah yang berbau dengan Ekonomi. Karena pilihan UN gue adalah Ekonomi. Sebelum akhirnya dengan tanpa basa-basi trus langsung difinalisasi tanpa permisi tanpa ngomong sana sini. Gue mengklik Ilmu Politik as my choice. Trataktaktak dung cess..... 


*Lanjut Part Two*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak Ada Perkenalan

Doubting My Self

Tidak Ada Perkenalan 2